Pages

Thursday, May 20, 2010

melawat si lebah bekerja

Sebab saya pinjam nama mereka (lebah), mari kita intai macam mana lebah bekerja menghasilkan madu yang boleh jadi penawar kepada manusia. Kemudian, saya akan cerita sedikit-sebanyak tentang kerjaya saya yang bakal ditempuhi tak lama lagi.Hehehe...jom layannnn!


Apakah Madu itu ?
Madu adalah cecair yang sangat manis yang dibuat oleh lebah. Komposisi madu terdiri dari berbagai proporsi fruktosa, glukosa, air, minyak dan enzim khusus yang diproduksi oleh lebah. (Glukosa dan fruktosa adalah jenis Gula)

Langkah pertama dalam membuat madu dimulai ketika lebah lapangan terbang dari bunga ke bunga mengumpulkan jus manis atau nektar bunga yang menyediakan. Dengan lidah mereka, lebah menghisap nektar lapangan dan menyimpannya di kantung dalam tubuh mereka. Setelah mengisi kantung mereka dengan jus ini manis, lebah lapangan terbang kembali ke sarang lebah mereka dan memuntahkan sari disimpan ke dalam mulut lebah rumah.

Lebah rumah ini ditugaskan tugas menambahkan enzim dari tubuh mereka untuk madu. Enzim yang menyebabkan air di madu menguap sehingga berubah-nektar menjadi madu. Terakhir, madu disimpan dalam sel sarang madu. Lembur, madu menjadi matang dan madu.

Kehebatan Madu…

* Madu adalah salah satu makanan paling mudah dicerna.
* Madu digunakan dalam obat batuk banyak karena yang halus, meredakan tenggorokan tekstur tebal.
* Sebagai hasil dari kemampuan unik untuk madu mudah menyerap udara, sering digunakan sebagai agen membasahi di baking.
* Honey datang dalam semua jenis warna dan rasa. Warna dan rasa madu tergantung dari berapa lama madu tersebut dan jenis bunga yang nektar diekstraksi dari.
sarang lebah madu telah lama diberikan manusia dengan madu dan lilin lebah. menggunakan komersial tersebut telah melahirkan sebuah industri budidaya lebah madu yang besar, meskipun banyak spesies masih terjadi di alam liar.

Tiga jenis Lebah Madu.

Lebah pekerja :

Inilah yang kebanyakan orang pernah melihat. Ini adalah lebah betina yang tidak seksual dikembangkan. Pekerja hijauan untuk makanan (tepung sari dan nektar dari bunga), membangun dan melindungi sarang, bersih, mengedarkan udara dengan mengalahkan sayap mereka, dan melaksanakan banyak fungsi-fungsi sosial lainnya.

Ratu Lebah :

Tugas ratu adalah sederhana-meletakkan telur yang akan menelurkan generasi berikutnya tentang sarang lebah. Biasanya hanya ada satu ratu dalam sebuah sarang. Jika ratu meninggal, pekerja akan menciptakan ratu baru dengan makan salah satu wanita pekerja diet makanan khusus yang disebut “royal jelly.” eliksir ini memungkinkan pekerja untuk berkembang menjadi seorang ratu subur. Queens juga mengatur kegiatan sarang oleh bahan kimia yang memandu perilaku lebah lainnya.

Lebah Jantan :

lebah jantan disebut drone-kelas ketiga lebah madu. Beberapa ratus lebah jantan tinggal di setiap sarang selama musim semi dan musim panas, tetapi mereka diusir untuk bulan musim dingin ketika sarang masuk ke mode bertahan ramping.

Lebah madu hidup disimpan dan serbuk sari musim dingin semua, dan cluster menjadi bola untuk menghemat kehangatan. Larva diberi pakan dari toko selama musim ini dan, dengan musim semi, sarang dipenuhi generasi baru dari lebah.

Ardhi 2010 : sumber bacaan antara lain : http://animals.nationalgeographic.com/animals/bugs/honeybee.html


[si lebah grabbed this from : http://kiathidupsehat.com/lebah-madu-apis-melifera-dan-proses-pembentukan-madu/]

0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails